My Photo Stories

Belajar Dari Jalanan

Event Jakarta Street Hunting kembali di gelar oleh komunitas FotograferdotNet untuk yang ke sepuluh kalinya, artinya event ini sudah berlangsung selama 10 tahun di Jakarta ini. Kegiatan ini dalam beberapa tahun terkahir jadi meluas di beberapa kota secara serentak melakukan hal yang sama. Bahkan untuk tahun ini ada beberapa kota di Luar negeri yang turut serta dalam event Street hunting ini.

Beberapa tahun yang lalu mengikuti event JASH dengan rute Gambir menuku Daerah Senen. Ternyata begitu banyak ragam foto yang dihasilkan selama event ini. Tergantung dari minat si tOekangpoto itu sendiri. Pengalaman seseorang akan mempengaruhi hasil karya yang akan dihasilnya.

Membaca tweet om arbain tadi pagi “@arbainrambey: Memotret adalah 2 komponen. Kemampuan “melihat” dan kemampuan teknis. Orang umumnya cuma belajar teknis, padahal “melihat” jauh lbh penting”

Event seperti JASH ini menurut saya sangat membantu untuk mengasah kemampuan seorang tOekangpoto untuk “melihat” momen yang ada di jalanan. Stimulus yang hadir di hadapan kita sangat banyak sekali, bagaimana kita dapat menyeleksi stimulus itu menjadi sebuah karya foto yang bagus. (Maafin Bro n Sis bahasanya agak agak berat, teringat masa kuliah dulu maklum )

Kemampuan melihat momen (baca juga tentang Decisive Moment), simbol sangat bisa di asah dengan banyak berlatih dan melihat foto bagus setiap hari. Menurut Mas Een Sang Jawara CPM 2014 daftar pustaka tentang foto kita harus di tambah terus setiap saat. Dan ini bisa didapatkan dengan banyaknya jam terbang untuk membuat karya.

Teknis fotografi bukan menjadi tidak penting, dengan teknologi fotografi yang sudah makin berkembang masalah teknis foto akan bisa diperbaiki. Jika ada kekurangan masih bisa untuk dikoreksi melalui Software pengolah foto yang ada sekarang ini.Namun jika momen itu lewat, maka kita tidak akan dapat mengulang untuk mengambil foto yang sama.

Perjalanan boleh sama, namun momen yang dapat di rekam oleh masing-masing akan sangat berbeda. Walaupun kemungkinan duplikasi foto akan sangat mungkin. Namun pasti akan foto yang akan sangat berlainan sama sekali dengan yang lain. Selain teknis, membuat foto menjadi berbeda dengan yang orang lain hasilkan tidak menjadi foto yang duplikasi, artinya benar benar foto bagus yang berbeda

Semoga catatan ringan ini bisa membawa manfaat bagi kita semua.

Selamat berkarya

Jakarta, 4 November 2014

Twitter n Instagram @abusyamil2004
FB dudi.iskandar@gmail.com
http://www.kangdudi.com
WA 08158301939

Toekangpoto keliling

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes