My Photo Stories

Berbagi Buku di Tepian Negeri

tepian negeri

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan menjelajah Tepian Negeri ke Entikong Kalimantan Barat. Salah satu misinya adalah berbagi buku dengan anak anak yang berada di tepian negeri. Melihat tepian negeri secara langsung untuk merasakan bagaimana kehidupan di daerah perbatasan itu.

Sebelum mencapai tapal batas, kita berbagi di Kabupaten Landak yang merupakan perluasan dari Kabupaten Mempawah. Ibukota Kabupaten Landak ini adalah Ngabang. Rumah Adat atau Rumah Panjang bagi suku dayak bukan merupakan tempat tinggal semata, namun juga menjadi pusat perkembangan budaya dan tradisi dayak itu sendiri.

Dan rumah panjang ini merupakan peninggalan budaya Dayak Kanayatn. Sebagian besar penghasilan penduduk dari bertani dan membuat kerajinan tangan di daerah ini. Dan di sini kami berbagi dengan anak anak yang berada di Rumah Panjang dengan membagikan buku cerita. Sebelum buku dibagikan kami sambil bercerita dengan melibatkan anak anak disana. Mereka sangat antusias sekali ketika mendengar cerita dari Kak Benny tentang amanah yang harus disampaikan. Anak anak pun senang ketika Kak Benny memberikan amanah untuk membagikan buku kepada teman yang belum mendapatkan buku. Dalam hitungan menit buku buku itu sudah berpindah tangan kepada anak anak.
rumah panjang

Kondisi di Entikong pun tidak jauh berbeda dengan Ngabang. Kecamatan Entikong termasuk wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia Bagian Timur, terletak pada koordinat 1,130 Lintang Utara hingga 0,370 Lintang Selatan dan 1040 sampai 111,190 Bujur Timur.
Penduduknya lebih dari 50 % hidup dari bertani, profesi lainnya sangat sedikit sekali. Sehingga pendidikan masih belum terasa di tepian negeri ini.
entikong

Ketika saya bertemu dengan Rani dan teman temannya di dekat pos perbatasan Entikong. Senang sekali menerima buku cerita, sayang sekali stok nya sedikit sekali sehingga tidak banyak anak yang dapat buku cerita.
Rani pun minta di rekam pesannya kepada kakak kakak untuk bisa mengirimkan buku cerita kepada anak anak di tepian negeri ini. Semoga program yang akan di buat ACT bisa mengakomodir keinginan Rani dan kawan kawan.

Jakarta 12 Februari 2016

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes