My Photo Stories

Bijak Mengelola THR

Ketika memasuki bulan suci Ramadhan, salah satu pembicaraan yang menarik adalah THR. Karena di Ramadhan banyak sekali pengeluaran. Jadi kita harus bijak dalam mengelola keuangan saat Ramadhan.

Apalagi godaan diskon barang ada di mana mana. Baik online ataupun offline. Bila tidak “kuat iman” bakalan banyak tergoda diskon diskon itu. Godaan itu datang ketika uang kita ada lebih, sehingga keinginan belanja sana sini makin menjadi.
Nah daripada besar pasak daripada tiang, lebih baik kita kelola THR kita dengan baik, daripada boncos. Ada sedikit tips untuk mengelola THR kita ini.

1. Bayarlah hutang, jika ada hutang segeralah lunasin, karena ini adalah kewajiban kita dan bakal di bawa mati jika masih ada hutang. Jadi bayar hutang harus menjadi prioritas pertama kita dalam mengelola THR.

2. Ada Rencana Anggaran, sebaiknya di buat angaran dalam mengelola THR ini. Jika punya hutang tunaikan kewajiban ini dulu, terus misal untuk bayar zakat, kebutuhan lebaran dll. Bahkan anggaran untuk mudik juga perlu dipikirkan.

3. Skala Prioritas, setelah anggaran di buat, prioritaskan kewajiban terlebih dahulu seperti hutang, dan kebutuhan pokok. Setelah semua pokok terpenuhi baru bisa kebutuhan lainnya. Prioritaskan yang penting terlebih dahulu.

4. Jika mempunyai Asisten Rumah Tangga, jangan lupa berikan THR juga sebelum mudik. Karena ART telah membantu kita dalam mengelola keluarga jadi alangkah baiknya diberikan haknya. ART orang yang sangat berjasa dalam keluarga kita.
5. Jangan lupa investasi, ini biasanya yang luput dari perhatian kita. Kita juga tetap perlu untuk bisa berhemat dalam mengelola THR, sehingga masih bisa menyisihkan sebagian untuk investasi. Kalau saya boleh saranin, beli logam mulia atau dinar emas. Tabungan dalam bentuk emas tidak terkena inflasi tahunan, nilainya hampir mengikuti inflasi. Dan Emas itu snagat liquid banget kapan dibutuhkan bisa dijual secara cepat tidak ada jeda sama sekali. Pengalaman ini saya rasakan pas butuh untuk biaya pendidikan anak yang lumayan cukup besar, secara cash kurang banyak. Solusinya menjual dinar emas saya untuk kebutuhan itu.

6. Jangan gunakan Kartu Kredit, ini adalah godaan terbesar dalam pengelolaan keuangan. Biasanya banyak diskon ditawarkan dari merchant yang bekerjasama dengan bank. Sebisa mungkin jangan gunakan kartu kredit untuk konsumtif. Lupakan pengunaan kartu kredit untuk lebaran saran saya.

Saya yakin jika ini dikelola dengan baik akan bahagia dunia akhirat deh. Yuk kita terapkan dalam mengelola THR ini.Kondisi ini juga pasti dihadapi oleh semua keluarga di Indonesia, bingung THR itu dihabiskan atau di kelola dengan baik.
Saya kemarin nonton sitkom series Keluarga Surya, tentang mengelola THR ini, sitkomnya renyah banget. Apalagi tokohnya istri yang berprofesi sebagai blogger, seperti sangat dekat dengan keseharian kita. Jadi seperti menertawakan diri sendiri melihat sitkom ini. Ini cocok sebagai edukasi pengelolaan keuangan keluarga.

THR itu memang sangat dekat dengan keseharian kita, dari kegelisahan bisa di buat menjadi sebuah situasi komedi yang menyegarkan sehingga kita seperti tidak sedang berkaca.

Di sitkom ini karena THR dihabiskan jadi lebarannya ngenes dengan seadanya saja. Walaupun lebaran bukan buat bermewah mewah tapi jika menunya hanya Nasi goreng kan ngenes banget.

Episode pertama Keluarga Surya ini begitu menggoda dan bikin penasaran kapan tayang episode keduanya. Sitkom ini banyak memberikan pelajaran kepada kita bagaimana bisa mengelola keuangan dengan baik. Edukasi yang diberikan oleh Sunlife melalui sitkom ini sangat bermanfaat.

Coba tonton dulu nih sitkom nya siapa tau bisa menjadi inspirasi buat kita dalam mengelola keuangan. Satu lagi konten yang sangat bermafaat hadir di youtube, saya sih berharap konten konten positif seperti ini harus bisa lebih banyak lagi hadir.

Jangan lupa juga suscribe channelnya karena siapa tau bakal bagi bagi THR buat kita para penontonya. Jangan ketinggalan media sosial @sunlife_id di follow juga ya biar kita bisa belajar terus masalah mengelola keuangan ini.

Jangan lupa tonton #KeluargaSurya di channel Youtube Sunlife biar bisa pinter kelola keuangan. Dan suscribe biar ga ketinggalan seriesnya. #LebihBaikSekarang action untuk kehidupan masa depan kita. Cuss

Please follow and like us:

6 thoughts on “Bijak Mengelola THR

  1. mira utami

    Bayar hutang-hutang makasih Kang sudah di ingatkan. Alhamdulillah sudah tidak ada hutang lagu, tinggal peelahan untuk investasi logam emas menarik nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes