My Photo Stories

Ceng Beng, Pangkalpinang

image

Ceng Beng adalah tradisi dari masyarakat etnis tionghoa yang tiap tahun jatuh pada tanggal 4 April. Ceng Beng atau Qing Ming yang punya arti bersih dan terang. Semua etnis tionghoa yang berasal dari Pulau Bangka yang berada di perantauan di wilayah Indonesia ataupun Luar Negeri seperti Hongkong, Singapura, RRC bahkan Eropa akan datang ke pekuburan Sentosa di Pangkalpinang.

Sebelum puncak acara Ceng Beng, diawali dengan membersihkan dan memugar kuburan. Menurut Aseng (39), selama 10 hari sudah membersihkan kurang lebih 50 kuburan pada Ceng Beng tahun ini.

image

Tradisi Ceng Beng ini sangat mengakar di etnis Tionghoa. Inti dari tradisi ini adalah memanjatkan doa kepada leluhur yang meninggal agar mendapat tempat terbaik di sisi Sang Pencipta. Tradisi ini biasanya dimulai sejak pukul 02.30 WIB dini hari, para peziarah mulai berdatangan ke kuburanĀ  dengan membawa sesajian yang telah disiapkan dari rumah masing-masing.

image

Yang di bawa biasanya ada tiga jenis makanan, yang pertama Sam Sang ( Tiga Jenis daging), kedua Sam Kuo ( Tiga Macam Buah buahan ) dan yang terkakhir adalah Cai Choi (sayuran).

image

Yang dilakukan biasanya adalah menyalakan lilin di seputar kuburan dan membakar Hio (Garu) dan meletakan Kim Chin (uang palsu kertas) di atas tanah kuburan, berharap arwah leluhur bisa tenanh di alam sana.

Pangkalpinang, 5 April 2016

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes