My Photo Stories

Haji Sukarna (91), Generasi ke-6 Pembuat Gong

image
Indonesia sangat kaya dengan ragam budaya, baik itu kesenian ataupun kuliner. Salah satu ragam budaya di Indonesia, khususnya Jawa Barat adalah Gamelan dan alat musik yang turut memperindahnya adalah Gong.

Gamelan tanpa gong seperti sayur tanpa garam. Untuk mengenal proses pembuatan Gong, kita dapat mengunjungi pabrik Gong yang ternyata tidak jauh dari Jakarta, tepatnya di kota Bogor. Pabrik yang beroperasi hampir 4 Abad ini, sekitar 370 tahun setia memproduksi Gong.

Saat ini yang mengelola Pabrik Gong merupakan generasi ke 6, yaitu Haji Sukarna (91). Walaupun usia sudah sepuh namun sampai saat ini, masih membantu proses pembuatan Gong. Terutama dalam proses pengecoran bahan dan penyeteman.

image

Pagi sekitar pukul 06.00 sudah mulai melakukan proses pengecoran dengan dua orang karyawannya. Secara fisik masih terlihat sangat segar dan gagah, namun pendengaran beliau sudah mulai berkurang. Namun proses pengeteman atau cek nada Gong masih dijalani oleh Pak Haji. Setelah itu mengawasi proses “Nempas” atau proses penempaan bahan menjadi Gong. Proses nempas ini dilakukan oleh Empat Orang karyawan, ketika nempa seperti ritme yang indah. Proses ini yang paling lama dalam pembuatan Gong, terlebih jika membuat Gong yang berdiameter besar.

image

Selama nempas beliau mengawasi karyawannya bekerja. Senda dan gurau sesekali dengan karyawannya seakan tidak ada jarak antara beliau dan karyawan. Sungguh pemandangan yang sangat indah dalam sebuah proses bekerja. Karyawan yang paling lama bekerja adalah 30 tahun, yaitu Lang Hidayat (48) yang mulai bekerja dari usia 15 tahun.

image

Menjelang tengah hari pabrik istirahat untuk ibadah sholat dan makan siang. Pak Hajipun pulang ke rumah yang tidak jauh dari pabrik.

image

Setelah makan siang, mulai pekerjaan finishing proses pengeteman. Di bantu dengan seorang karyawan dalam proses ini.
Begitulah keseharian Pak Haji yang saya lihat selama setengah hari. Penuh semangat dalam mengerjakan setiap proses yang dilaluinya.

Ternyata di Bogor ada destinasi wisata yang sangat berbeda sekali. Kemarin bersama Ezy Travel, ke beberapa destinasi wisata dalam #EzyTripBogor, salah satunya Gong Factory yang ada di daerah Pancasan ini.

Untuk yang menyenangi destinasi wisata seperti ini, tidak ada salahnya untuk mencoba ke Gong Factory ini. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil di sini.

Please follow and like us:

2 thoughts on “Haji Sukarna (91), Generasi ke-6 Pembuat Gong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes