My Photo Stories

JIPFest 2019 : Menikmati Identitas

Sudah ke JIPFest 2019 belum? Kalau belun masih ada sisa dua hari lagi untuk menikmati berbagai acara dan pameran foto dengan tema besarnya Identitas.

Beruntung warga Jakarta bisa menikmati sajian visual dari berbagai negara dengan tema identitas. Ada 12 lokasi pameran di Jakarta Pusat, antara lain Sarinah, Rubanah, Hotel Artotel, Taman Menteng, Upnormal Raden Saleh, Galeri Cipta 2 TIM dan tempat lainnya.

Ide dan kreativitas dari berbagai fotografer mewarnai event ini. Bagi sayah tOekangpoto jalanan ini, sangat menarik sekali bisa menyerap ide dari berbagai proyek fotografi yang dilakukan beberapa fotografer yang pameran di JIPFest ini. Dan juga yang berbagi dalam acara Artist Talk.

Jumat (5/7) Armando Elo seorang fotografer dari Belanda mengekplorasi tentang kehidupan Indo (Keturunan Indonesia dan Belanda) di 12 negara. Ternyata dari hal sederhana bisa menghasilkan suatu karya yang sangat mempengaruhi sisi sosial budaya. Banyak hal sebenarnya yang bisa kita hasilkan untuk berkarya. Namun sayah belum terbiasa dengan perjalanan panjang sebuah foto. Mungkin harus dimulai dengan mempunyai proyek fotografi, yang bisa menjadi manfaat dan buku.

Beda lagi dengan Muhammad Fadli, yang bercerita tentang komunitas Vespa Ekstrim. Begitu panjang perjalanan menemukan benang merah dari itu semua. Konon proyeknya ini “kecelakaan”, namun jadi perjalanan panjang dan bertemu dengan berbagai komunitas vespa dari beberapa daerah di Indonesia. Dan ini jadi lebih memperkaya visual dari proyeknya. Ada kalanya kita juga harus terjun ke lapangan dulu mencari sesuatu yang baru.

Kurniadi Widodo, seorang fotografer dari Jogjakarta, menemukan sesuatu yang baru antara foto dan pariwisita.

Terlebih dengan hadirnya gadget, di mana sekarang semua orang bisa dengan mudah mendokumentasikan semua keseharian kita. Tinggal kita memilih akan bercerita tentang apa ke dalam sosial media.

Selain itu JIPFest juga sebagai ajang silaturahim bertemu dengan teman dan guru motret

Jakarta, 5 Juli 2019

Kang Dudi

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes