My Photo Stories

Kenapa Harus Vlog ?

image

Vlog atau Video Blogger saat ini menjadi sebuah tantangan baru untuk para blogger. Data menunjukkan bahwa user lebih senang melihat gambar bergerak dan 50% melihat video dari smarphone yang mereka punyai. Ke depan liputan video pendek akan menjadi tren baru.

Kenapa video pendek? Karena perhatian manusia itu untuk sesuatu hal, rata rata hanya 8,25 detik saja. Dengan peralihan gambar ke gambar sekitar 5 detik akan terus membuat fokus penikmat video. Dan dengan peralihan gambar ini yang membuat orang lebih tahan untuk melihat video dibandingkan dengan membaca teks.

Sekarang untuk membuat sebuah video bukan merupakan hal yang sulit. Kita bisa memaksimalkan smartphone yang kita punya untuk membuat sebuah video blogger. Tinggal tanya diri sendiri, apakah saya perlu untuk belajar syut dan edit video? Ini adalah langkah yang paling mendasar untuk belajar video. Selain perangkat keras dan lunak yang harus ada untuk mendukung ini.

Traveling anda akan semakin berwarna dengan suguhan liputan bergerak. Tidak hanya foto dan teks saja namun sudah berikut videonya, pasti lebih keren. Hal yang terpenting dari sebuah video adalah gambar yang steady dan suara yang jernih. Untuk gambar yang steady diperlukan alat pendukung seperti tripod, steady cam. Bilapun harus menggunakan tangan saja usahakan jangan goyang gambarnya.

Ada Lima metode pengambilan gambar :
1. Close Up Tokoh
2. Close Up Aktivitas
3. Wide shot atau Suasana
4. Side Shot
5. Over The Sholder Shot

Dengan variasi pengambilan gambar diharapkan penikmat video tidak cepat bosan dengan gambar yang dihasilkan. Setiap setelah ambil gambar coba lihat hasilnya, apakah ada yang goyang atau tidak, ini akan memudahkan dalan proses edit nantinya.

Nah sekarang kita bicara software apa yang bisa edit video? Di play store banyak sekali jika kita cari video editing. Ada beberapa software yang bisa direkomendasikan kinemaster, power director, filmora, viva video dan masih banyak lagi.

Yuk kita buat perjalanan kita lebih menarik dengan vlog, saatnya belajar vlog.

Terima kasih mas Teguh Sudarisman atas ilmunya.

Jakarta, 5 Juni 2016
Kabg Dudi

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes