My Photo Stories

Keseruan Hari Pasta Dunia Bersama San Remo

Di Indonesia mungkin belum terlalu populer hari pasta ini, karena bukan makanan utama masyarakat Indonesia. Namun di kota besar sudah mulai banyak restoran atau cafe yang khusus menjual pasta ini. Tahukah tanggal 25 Oktober diperingati World Pasta Day? Jika belum tahu sekarang saya kasih tahu yah. Nanti jangan ada yang bilang belum tahu lagi ya. Jadi kali ini kita bicara tentang pasta aja biar seru.

Nah apa itu Pasta?

Pasta adalah makanan olahan yang sering digunakan pada masakan Italia, yang terbuat dari Tepung Semolina yang terbuat dari Gandum Durum, Olive Oil, Telur, Garam dan Air. Kalau di Indonesia mungkin bentuknya seperti mie, namun yang berbeda dari pasta tidak harus bentuk mie saja bisa berbagai macam bentuk. Ada sekitar 650 jenis pasta yang bisa dibuat, seperti makaroni, pastel itu juga merupakan pasta. Pasta ini biasanya dihidangkan setelah di rebus dan diberi toping sesuai selera kita masing masing.

Jadi apa beda sama mie?

Pertama bahan pasta adalah Gandum Durum, mie adalah terigu. Kedua jika di masak pasta yang baik itu kenyal. Ketiga bentuk pasta beragam kalau mie yah lurus lurus aja gitu. Jadi sekarang sudah tau perbedaan nya antara pasta dan mie.

Tadi sempat di singgung bahan pembuat pasta adalah tepung semolina Gandum Durum. Kenapa harus menggunakan semolina ini, ada beberapa alasan yang pertama adalah kandungan protein yang tinggi, kedua sumber karbohidrat yang komplit, ketiga Glycemic Index yang rendah, keempat warnanya kuning keemasan dan kelima lebih kenyal setelah di rebus. Itu beberapa alasan kenapa Pasta harus menggunakan semolina, dan yang lebih penting adalah nilai Gizinya itu.

Apa Pasta San Remo

Pasta San Remo didirikan oleh seorang Italia Luigi Crotti dari rumahnya pada tahun 1936. Pabrik San Remo ada di Australia memadukan konsep tradisional dan teknologi modern. Sekarang produk pasta San Remo sudah tersebar di 35 negara termasuk Indonesia.

Produk San Remo ini ada berbagai varian tergabung ke dalam Lima kategori besar.

  1. Pasta Panjang, Spaghetti, Spaghetti Whole Meal, Fettuccine
  2. Pasta Pendek, seperti Penne, Spiral, Macaroni, Bowties dsb
  3. Specialities, Instan Lasagna, Curry Instan Lasagna, Egg Noodle dan Tagliatelle.
  4. Saus pasta, seperti Bolognese, Napoletana, Bolognese & Mushroom
  5. La Pasta (Pasta Siap Masak) , Chicken Curry, Macaroni Cheese.

Produk San Remo San Remo ini dihasilkan 100% dari Tepung Semilona Gandum Durun. Sehingga menjadi pasta yang baik untuk di konsumsi. Manfaat dari Gandum Durum, mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk di cerna, sehingga tubuh memiliki energi dalam jangka waktu yang lebih lama karena kadar gula dalam darah tidak melonjak ataupun menurun dratis.

Keseruan World Pasta Day Celebration

Rabu (25/10) saya di undang oleh PT Sukanda Jaya (Distributor San Remo Indonesia) untuk menghadiri World Pasta Day Celebration 2017 di Hard Rock Cafe Jakarata.

Peringantan hari pasta sebenarnya ide nya sederhana hanya masak dan makan pasta secara bersama sama. World Pasta Day ini di mulai dari tahun 1995. Nah tahun ini saya berkesempatan ikut World Pasta Day bersama San Remo. Nah hari ini juga salah satu acara nya adalah Demo masak dan makan pasta. Jadi cucok deh. World Pasta Day 2017

Acara diawali dengan sambutan Ibu Jenny Liliyanty Brand Manager San Remo, menjelaskan sedikit tentang pasta dan San Remo.

Yang ditunggu blogger adalah Demo masak dari Chef Made yang langsung membuat tiga masakan yang terbuat dari pasta ini. Pertama Spaghetti Aglio Olio With Chicken, yang kedua Baked Penne Pasta With Chicken Sausage, ketiga Fettuccine Marinara. Ternyata membuat pasta itu tidak sulit yang saya bayangkan. Tidak sampai satu jam tiga masakan tadi diselesaikan oleh Chef Made. World Pasta Day 2017

Ada beberapa catatan jika masak pasta yang saya ingat dari Chef Made ini, minyak yang digunakan harus Olive Oil. Dan jika ada bawang bombay dan bawang putih yang di masak duluan bawang bombay ya.

Makin seru aja demo masak bersama Chef Made ini, Blogger dan Media diberikan tantangan untuk membuat foto tentang perayaan hari pasta ini di Instagram.

Akhirnya kita bisa mencoba masakan Chef Made ini, rasanya memang terasa lebih kenyal pasta. Rasanya yummy banget, pas di lidah.

Jakarta, 25 Oktober 2017

Kang Dudi

Please follow and like us:

4 thoughts on “Keseruan Hari Pasta Dunia Bersama San Remo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes