My Photo Stories

Kopi Purnama, Warung Kopi yang Bertahan dari 1930

image

Anda suka minum kopi dan suka menghabiskan waktu bersama teman, sahabat, rekan kerja atau orang-orang terdekat anda nongkrong di warung kopi. Berikut salah satu warung kopi yang saya datangi di Bandung beberapa waktu lalu.

image

Tahun 1930 sudah berdiri sebuah warung kopi yang bernama Chang Chong Se yang berarti “Silahkan Mencoba” yang kemudian berganti nama di tahun 1966 dengan Warung Kopi Purnama di Jalan Alkateri Bandung. Kopi Purnama ini sekarang yang menjalankan roda usahanya generasi ke 4nya. Didirikan pertama kali oleh Yong A Thong, penduduk kota Medan yang pindah ke Bandung. Itulah sepenggal sejarah dari Warung Kopi yang legendaris di Kota Bandung.

image

Untuk mencapai tempat ini juga sangat mudah, dekat dengan Alun Alun kota Bandung. Setelah melewati Kantor Pos Besar ada jalan Alkateri, masuk dari lewat sana dan sudah terlihat warung di kanan jalan.

Lokasi yang berada di kawasan Pecinan yang menjadi sentral, sangat strategis. Warung ini buka mulai pukul 06.30 sampai 22.00, cocok untuk sarapan dan konkow.

image

Tidak hanya kopi yang di jual di warung ini, mulai dari cemilan seperti roti selai srikaya, roti dadar sampai lumpia goreng. Ada juga menu makanan berat seperti bubur ayam, gado-gado, bacang, nasi lengko sampai nasi ayam bahkan tahu telur dari Jawa Timurpun ada. Untuk menu minumannya sendiri, tersedia menu tradisional seperti kopi tubruk, kopi susu panas, es kopi susu bahkan ada teh tubruk teh, sampai es kelapa muda.

image

Masuk ke warung ini, kita akan disuguhi dengan foto foto masa lalu di sekitar warung. Interiornya pun masih sangat sederhana sekali, serasa memasuki warung di tahun 1930. Ada Dua ruangan untuk para tamu, smoking area dan non smoking area.
Selain itu juga ada foto foto keluarga dari pemilik warung ini terpasang di antara ruang pemisah itu.

Waktu kemarin kesana banyak sekali orang yang sudah berumur menikmati secangkir kopi ditemani dengan obrolan ringan. Mungkin ingin menikmati suasana santai dengan secangkir kopi.
Untuk menikmati secangkir kopi disinilah tempatnya, suasananya sangat mendukung.

Kalau ke Bandung ga ke sini, sayang banget bro.

Jakarta, 22 November 2015
Kang Dudi

Please follow and like us:

6 thoughts on “Kopi Purnama, Warung Kopi yang Bertahan dari 1930

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes