My Photo Stories

Layarkan Kapal Ramadhan

Rencana awal pukul 14.00 Wita akan mulai berlayar menuju Labuan Bajo NTT, namun karena proses bongkar muat bantuan belum selesai sehingga pelayaran akan di mulai besok (31/5) pukul 05.00 WitA, bisa baca juga catatan perjalanan tentang kapal ramadhan 2018.

Para relawan bermalam di Kapal Ramadhan ini, dan sahur pertama di Kapal. Alhamdulillah bisa merasakan sahur di Kapal.

Kira kira pukul 04.40 pintu kapal mulai dihidupkan artinya pelayaran akan segera di mulai.

Ketika terdengar adzan subuh pintu kapal mulai di tutup, siap berlayar.

Horn dibunyikan tiga kali tanda kapal akan segera berlayar tepat di pukul 05.03 Wita, perkiraan sampai Labuan Bajo 26 Jam perjalanan dengan kecepatan 10 knots.

Para relawan menikmati proses memulai pelayaran ini. Setelah itu di isi dengan kesibukan masing masing.

Pukul 08.30 Wita ada briefing dari panitia untuk proses distribusi dan pembagian titik distribusi. Di Labuan Bajo akan turun 11 relawan untuk bertugas di 4 titik, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

Dan sayah sendiri masuk Tim Kecamatan Sambi Rampas dan Kecamatan Elar di Kabupaten Manggarai Timur. Untuk mencapai lokasi diperlukan waktu kurang lebih 9 jam. PIC Tim Rizki (Tangerang), Dudi (Jakpus), Ismail (Sidrap) dan Hermanto Herman (Makassar). Ini tim yang akan menyalurkan distribusi di Manggarai Timur.

Setelah selesai briefing, relawan menuju dek untuk membereskan paket yang akan diturunkan di Labuan Bajo. Tim kami ada 8 palet yang akan dibagikan di dua kecamatan.

Ternyata angin laut itu kuenceng bener ya. Kondisi angin mulai kencang terasa mulai pukul 13.33 Wita. Saya mengunakan Buff untuk menutup telingan saja maaih terasa banget angin menerpa tubuh ini. Daripada masuk angin lebih baik menghindari nagin laut dulu biar ga pusing juga, soalnya perut mulai ga nyaman juga akibat goyangan ombak.

Dan pukul 13.57 Goyangan kapal makin terasa, katanya sudah di lautan lepas sekarang jadi goyanganne kuenceng. Biar tidak terlalu pusing, ikuti saja alur goyangannya jangan kita tahan malah akan lebih pusing.

Jadi yuk kita nikmati goyangan laut ini.

Selepas waktu ashar di lautan lepas, Tim Medis berkoordinasi untuk ketiatan layanan kesehatan di Kalabahi dan Kupang. Koordinasi ini dilakukan di lantai 3 sambil menikmati suasana matahari tengelam di lautan lepas.

Jadi pasti ada kegiatan terus selama pelayaran ini, jadi kita juga menambah pengetahuan dan networking relawan. Pokoke asyik deh.

Menurut jadwal buka puasa jatuh pada pukul 18.02 Wita entah sedang di posisi laut mana. Alhamdulillah berbuka dengan kurma dan air mineral serta buah buahan tentunya, biar kuat nanti pas distribusi.

Karena angin masih kencang jadi pelaksanaa sholat magrib di Mushola kapal ramadhan jadi bergantian. Yang menjadi kenangan sayah melaksanakan sholat. Harus cek kompas dulu, karena arah kiblat pasti berubah terus.

Kapal Ramadhan

Foto by Jaysi

Pukul 20.00 dijadwalkan relawan berbagi, kebetulan saya di minta berbagi tentang fotografi dan vlog. Ini juga merupakan bekal untuk para relawan untuk bisa mengabadikan momen terbaik dalam distribusi bantuan di titik jaganya. Karena dokumentasi visual itu sangat membantu tidak perlu banyak kata. Melihat foto sudah paham apa yang di maksud.

Relawan Medis Kang Surya Cecep menawarkan sayah untuk di terapi sebelum turun di Bajo besok. Beliau menjadi roomate saya waktu di Makassar dan melihat pergerakan sayah lamban. Jadilah saya diterapi komplit oleh Kang Cecep, mulai pijat ala Thailand, Totok Punggung dan Bekam.

Kapal Ramadhan

Kang Surya Cecep Sang Terapis

Alhasil berkat pertolongan Allah, kondisi tubuh jauh lebih enak sesudah terapi. Terapi ini memakan waktu 1.10 menit. Selesai menjelang pukul 23.00.

Nuhun pisan Kang Cecep sangat membantu sekali terapinya, setelah saya masih ada dua relawan yang akan di terapi. Semoga Allah membalas semua kebaikan Kang Cecep.

Ini akhir malam dalam kapal ramadhan. Sambil menikmati malam di lautan lepas.

Jakarta, 6 Juni 2018

Please follow and like us:

2 thoughts on “Layarkan Kapal Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes