My Photo Stories

Mata dan Rasa


Belajar fotografi di jaman digital seperti ini sudah jauh lebih mudah dibandingkan jaman analog. Kemampuan teknis tentu menjadi sangat utama ketika jaman analog. Tidak tahu teknis bisa ke bakar semua foto. Namun sekarang dengan hanya mencet shutter hasil langsung bisa kita lihat langsung. Dan ini semua bermula dari mata dan menjadi rasa.

Mata adalah unsur utama dalam proses pembuatan sebuah foto, dari mata-lah seorang tOekangpoto bisa memutuskan untuk menekan shutter. Ketika terlalu cepat menekan shutter maka momennya belum mencapai puncak. Begitu juga jika terlalu lambat menekan, pasti ada momen yang lewat. Jadi memang harus pas menekan rana biar momen dapat.

Foto juga terbentuk dari beberapa unsur teknik, komposisi, momen dan rasa. Untuk masalah teknis sekarang kita bisa percayakan kepada kamera atau hp kita. Jadi bisa menggunakan mode automatis. Jadi biarlah kamera yang memikirkan itu semua, kita cukup memikirkan komposisi, momen dan rasa. Dengan ini pun tetap memerlukan jam terbang untuk mengasah ide menjadi sebuah karya.

Jadi mengasah ide dan berkarya sesuatu yang bisa dilakukan secara terus menerus sehingga kita menemukan passion kita dimana.

Salah satu cara mengasah ide adalah sering melihat foto bagus dan pikirkan bagaimana proses membuat foto itu, misal arah cahaya dari mana, dll sehingga itu akan masuk ke ‘Bank Visual‘ anda. 

Jadi lebih baik mikir lihat poto daripada motret ga mikir. Jadi setiap akan menekan shutter kita sudah tahu tujuan motret untuk apa. Menekan shutter memang sangat mudah sekali, namun membuat poto bagus ga semudah menekan shutter.

Jadi kita harus banyak bergerak untuk mendapatkan karya yang penuh rasa. Selamat bergerak kawan.

Jakarta, 10 April 2017

@kang.dudi

4 thoughts on “Mata dan Rasa

  1. Kornelius ginting

    Sekarang berarti tidak dibuat pusing oleh teknis..tinggal fokus ke komposisi, momen dan rasa… hanya perlu jam terbang dan melihat yang indah2..

    Lebih baik mikir liat poto dari pada motret ngga mikir.. memang kalau motret ngga mikir hasilnya bisa berantakan juga..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes