My Photo Stories

Mata Jendela Dunia

 

Seperti kita ketahui bahwa mata adalah lensa terbaik yang ada di dunia ini. Dunia fotografi sangat membutuhkan sebuah lensa untuk membuat sebuah foto. Ya lensa adalah perantara untuk membuat sebuah karya foto.

Sebuah foto bagus dan bisa berbicara merupakan sebuah proses panjang darseorang tOekangpoto. Nah mata yang jeli bagi seorang tOekangpoto adalah kunci, melihat yang tidak orang lihat.

Kalau seorang jurnalis foto menurut Bang Arbain, foto itu sudah ada sebelum berangkat ke lokasi penugasan. Mata kita lah kemudian yang menjadi sensor yang peka terhadap situasi pemotretan saat itu. Jadi otak kita sudah tau kira-kira frame seperti apa yang akan di ambil,  komposisi, dll.

Mulai dari arah datangnya cahaya, subjeknya, background nya, komposisinya dll, kita juga paham akan mengambil dengan menggunakan lensa jenis apa.

Ada tOekangpoto yang matanya sangat jeli melihat momen yang tidak terlihat oleh orang lain. Jaman sekarang asal ada kemauan sudah sangat mudah untuk bisa melatih kemampuan mata kita. GOOD eye ini bisa datang sebagai anugrah bakat atau dilatih. Salah satu bentuk latihannya adalah melihat banyak sekali foto foto bagus yang sudah di buat oleh orang lain. Sekarang dengan searching di Google sudah akan mendapat banyak ide foto.

Semakin banyak foto yang kita lihat, semakin banyak photo bank dalam otak kita, yang suatu waktu bisa di recall ketika sedang dalam hunting. Ini akan sangat berguna sekali.

Good eye bisa dilatih asal ada kemauan untuk setiap hari melihat foto dan memikirkan bagaimana cara membuat foto yang bagus dan berbicara.

Dulu sebelum jaman internet ada sahabat saya sampai membuat odner untuk menyimpan foto bagus. Tiap ada foto bagus di simpan untuk menkadi referensi dalam sebuah odner. Sekarang tinggal klik keluarlah foto foto bagus itu.

Menurut saya ini modal pertama yang harus dipunyai oleh seorang tOekangpoto. Karena momen itu selalu berulang, kita bisa belajar dari hasil karya orang lain. Konsep ATM, Amati, Tiru dan Modifikasi membantu kita cepat belajar.

Selamat berlatih, semoga semakin lama semakin tajam dalam melihat momen.

Salam Jepret,

Jakarta, 13 Juli 2015

Follow twitter@abusyamil2004

Instagram @kang.dudi

FB dudi.iskandar@gmail.com

http://www.kangdudi.com

WA 08158301939

Toekangpoto keliling

Please follow and like us:

2 thoughts on “Mata Jendela Dunia

  1. Sandi Iswahyudi

    siap untuk berlatih mas. ia sih, berarti modelnya sama kayak menulis. menulis akan semakin bagus ketika membaca. kalau foto ingin bagus ya banyak lihat foto bagus dan mencobanya terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes