My Photo Stories

Mengenal Kota Jakarta, Bersama ID Corners

Sehabis pulang acara di daerah Cikini, Kangmas Kusworo seorang teman dari Magelang ingin memanfaatkan waktu yang sebentar untuk bisa nyetrit di Jakarta. Terlintas mengajak ke Kota Tua sebagai ikon Jakarta, namun melihat waktu sepertinya tidak memungkinkan untuk ke kota tua. Di sini saya merasa belum merasa mengenal Kota Jakarta dengan baik.

Tiba tiba saya ingat bahwa di Cikini ada Bangunan Kantor Pos lama dan beberapa pertokoan yang masih dipertahankan keasliannya di daerah Cikini ini, dan bila cahaya matahari muncul, shadownya itu bikin gemes deh. Dan saya sempatkan juga ke Masjid Cut Mutia. Dan terus terang waktu kemarin itu saya lupa sama sekali Gedung Joeang 45……. Maafkan sayah kangmas Kusworo.

Hari ini saya mengikuti acara Temu Asik ID Corners dengan tema Telisik Jakarta Tempo Doeloe bersama Mas Farid dari Jakarta Good Guide. Sayah seperti di tampar yang sangat keras, ternyata daerah saya tinggal itu banyak sekali peninggalan sejarah yang masih bisa diceritakan kepada khalayak ramai. Hello kemana aja sih elu kang selama ini …..

Jadi kalo mengenal kota jakarta dengan baik tentu bisa lebih baik mengantarkan teman teman yang ingin nyetrit di Jakarta ini. Bakal banyak cerita dan foto dari mengantar nyetrit ini. Jakarta tidak hanya kota tua saja, ternyata masih banyak jalur nyetrit yang bisa kita lalui bersama cie cie……..

Sebagai penyuka street fotografi pengetahuan sejarah suatu tempat ini sangat menarik bisa menkadi isnporasi juga dalam nanti menuliskan cerita dan foto di blog kita.

Saya sangat beruntung hari ini bisa mendengarkan paparan yang sangat menarik dari Mas Farid, dan tentunya juga kepada ID Corners yang sudah bikin acara yangb keceh badai. Sehingga sayah mulai mau belajar tentang kota Jakarta ini.

Cerita Cikini di Masa Lalu

Sayah baru tahu kemarin bahwa sebelum Ragunan ada, ternyata kebun binantang ada di Cikini, tepatnya Daerah Raden Saleh sekarang sampai TIM. Pada tahun 1864 kebun binatang ini mulai ada, dan Cikini merupakan salah satu tempat wisata pada jamannya. Menurut Bang Farid bahwa Kebun Binantang ini sebenarnya koleksi pribadi dari Raden Saleh.

Alhamdulillah masih bertahan beberapa bangunan tua di Cikini ini, bahkan sekarang beberapa menjadi kedai kopi. Kalau kuliner yang bertahan sampai sekarang adalah Toko Roti Tan Ek Tjoan, walaupun pabriknya sudah tidak di cikini lagi, namun gerobaknya masih banyak terlihat. Roti keras yang khas adalah roti gambang dari Tan Ek Tjoan ini.

Rupanya Cikini menyimpan sejarah yang panjang. Semoga sayah bisa menelusurinya dan bercerita untuk siapa saja.

Kuy ah nyetrit

Please follow and like us:

6 thoughts on “Mengenal Kota Jakarta, Bersama ID Corners

  1. Pay

    Jakarta banyak sudut eksotisnya, tapi jarang terexpose, syukur deh ada acara ginian.
    Pengen ke Kota Tua bawa bocah tapi gak tau harus kemana, heuu

  2. Pingback: Temu Asik Indonesia Corners: Telisik Djakarta Tempo Doeloe

  3. Evi

    Kang Dudi, saya kemarin baru menyadari ternyata pengetahuan tentang Jakarta sangat minim. Banyak sangat cerita yang bisa di kulit dari masa lalu ibukota tercinta. Terimakasih sudah menuliskan, Kang Dudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes