My Photo Stories

Menulislah Maka Plong

“Ikatlah ilmu dengan menulis” sebuah ungkapan yang sangat populer tentang dunia tulis. 

Dengan menulis banyak hal yang bisa kita kelola,  baik itu secara fisik ataupun psikis. Beruntung sekali saya bisa ikut webinar tentang hal ini,  sehingga menjadi tahu tentang menulis sebagai bagian dari therapy. 

Tujuan menulis dari setiap orang memang sangat berbeda tidak bisa disamaratakan tujuan menulis. Namun secara psikologis menulis sebagai salah satu cara untuk mengeluarkan beban fikiran. 

Karena menulis itu membangkitkan berkisah, kisah itu merupakan urutan peristiwa masa lalu,  sekarang dan masa depan. Jika terlalu banyak menulis tentang masa lalu akan menjadi depressi dan jika banyak menulis tentang masa depan berarti cemas.  Dengan menulis bisa membuat seimbang menjalani proses kehidupan ini dengan lebih lega. Adaptif terhadap timeframe ini akan membuat seimbang. 

Kehidupan yang kita lalui ini merupakan siklus kehidupan yang bisa menjadi sumber tulisan kita. Karena pengalaman semua orang berbeda dan pasti akan menarik jika bisa diceritakan. Pengalaman pahit atau tidak enak dalam hidup akan melekat lebih lama dalam otak kita. Jika tidak kita kelola bisa menjadi masalah.

Peristiwa negatif dan pikiran negatif tidak bisa kita hindarkan dalam kehidupan kita, namun bisa kita kelola sehingga mempunyai makna.

Ketika pengalaman pahit dituliskan dan dianalisa justru akan menghasilkan pemaknaan dan menjadi solusi untuk melepaskan beban secara psikis. Justru pengalaman negatif ini akan menguatkan kita dalam menjalani kehidupan di masa depan. Menulis kepahitan ini merupakan proses membuka diri, pelepasan beban dan berujung kepada pemaknaan

Jika kita berkisah tidak jelas sebab akibatnya,  ini merupakan salah satu ciri orang yang mempunyai masalah.  Berkisah harus bisa meruntut sebab akibat,  sehingga bisa mendapatkan solusi dari yang sedang dihadapi ini. Dan menulis sebab akibat ini sangat bisa dilatih secara terus menerus,  minimal sekali bisa melepaskan beban hidup. Jika tulisan bagus bisa saja menjadi sebuah karya yang sangat bermanfaat bagi orang lain.

Dengan menulis menunjukkan keberadaan kita. Terkadang kita bisa belajar dari pengalaman hidup orang lain. Kita tidak perlu mengalami kepahitan dulu baru bisa belajar. 

Ada tiga hal yang bisa di ambil manfaat dari proses menulis ini, pertama Memproses dan mengurai masalah. Kedua aktivitas ekstenalisasi masalah dan ketiga pelepasan beban dan penyelesaian masalah.

Terima kasih Mba Izzatul Jannah yang telah berbagi mengenai Narative Therapy kepada kami. Rasanya jadi pengen memperdalam hal ini, jika ada yang tertarik bisa lihat arsip di twitter sayah @kangdudi_ #narativehealing

Yuk kita berkisah

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes