My Photo Stories

Narative Therapy, Proses Mencari Makna

Dalam tulisan artikel sebelumnya bahwa tulisan bisa menjadi salah satu cara untuk terapi pelepasan beban yang dirasa.

Manusia itu pada dasarnya adalah mahluk pencerita. Tidak akan berhenti bercerita dalam kehidupannya walau satu detikpun. Dalam berkisah manusia bisa dengan dua cara lisan dan tulisan. Jika tidak bisa bercerita dengan lisan maka tulislah cerita kita. Karena menulis itu bukan bakat namun merupakan ketrampilan yang bisa dilatih. Jadi semua orang bisa menulis jika ada kemauan.

Ada yang mengatakan saya tidak punya bahan untuk bercerita? Kehidupan yang kita jalani sehari hari bisa menjadi sumber cerita, tidak perlu jauh jauh mencari bahan.

Dan setiap detik dari episode kehidupan kita merupakan satu bahan untuk ditulis menjadi sebuah cerita.

Jadi selain jadi sebuah karya tulis, bisa jadi tulisan kita menjadi sarana untuk pelepasan beban. Narative Therapy ini sebuah proses melatih ketrampilan menulis.

Rutin mengeksresikan emosi melalui tulisan secara riset telah terbukti berengaruh terhadap regulasi diri.  (Pannebaker,  Kross,  1997 – sekarang)

Ada beberapa manfaat dari kegiatan menulis ekspresif ini, salah satunya adalah meningkatkan imunitas dan respon antibody. Dan saat pandemi ini hal ini bisa sangat membantu sekali, sehingga bisa menurunkan tingkat kunjungan ke dokter. Yang lebih penting dari kegiatan ini adalah meregulasi emosi dan kognisi.

Bagaimana caranya menulis ekspresif?

Tuliskan fikiran dan perasaan yang terdalam dari peristiwa negatif yang pernah dialami tanpa memikirkan tata bahasa. Keluarkan semua yang dirasa menjadi sebuah tulisan.

Gunakan kata ganti personal seperti saya atau aku. Lakukan selama tiga hari berturut turut selama 15 menit menulis kepedihan yang dirasa mungkin akan muncul kembali dan di rass sakit, namun setelah itu akan terasa lebih ringan lagi.

Tulislah kisahmu sekarang, jangan tunda lagi. “Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes