My Photo Stories

Pasar Terapung Lok Baintan

Apa yang terbayang di benak anda jika mendengar kata Lok Baintan?

Ya Benar Lok Baintan adalah salalh satu lokasi pasar terapung yang ada di Indonesia yang terletak di Propinsi Kalimantan Selatan. Pasar Terapung ini bagi saya merupakan salah satu tempat yang sangat menarik untuk dapat dikunjungi.Karena sangat berbeda dengan pasar tradisional di daerah lain.

Banjarmasin di kenal dengan negeri seribu sungai, karena sungai menjadi urat nadi dari kehidupan di sana. Namun seiring dengan pembangunan infrastruktur di darat kehidupan sungai ini semakin berkurang. Menurut cerita pasar terapung seperti ini sangat banyak, namun sekarang hanya tinggal 2 lokasi saja di Lok Baintan dan Muara Kuin.

Selepas subuh para wanita Banjar mulai mengayuh jukung (perahu) mereka ke arah Lok Baintan. Membawa hasil bumi yang untuk di jual atau barter di Pasar Terapung ini.

Satu per satu para wanita itu memenuhi pasar terapung dengan bermacam hasil bumi seperti jeruk, pisang, kelapa. Selain buah-buahan ada juga yang menjual jajan pasar, seperti kue dan gado-gado untuk sarapan. Saya tidak bisa membedakan mana penjual dan pembeli di pasar ini, semua berbaur saja mengikuti arus sungai.

Pemandangan yang sangat jarang sekali di pasar tradisonal seperti ini. Salah satu TV swasta juga pernah menjadikan lokasi ini sebagai salah satu iklannya.

Semoga Lok Baintan tetap ada.

#indahnyaindonesiaku

Follow twitter dan instagram @abuyamil2004
FB dudi.iskandar@gmail.com
WA 08158301939
Toekangpoto keliling

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes