My Photo Stories

Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru

Terus terang baru tau ada pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan ini. Alhamdulillah bisa mengenal lagi satu sisi negeri ini. Pelabuhan ini hanya melayani rute Barru – Batu Licin Kalimantan Selatan per dua pekan sekali. Jadi pas kemarin pelepasan Kapal Ramadhan, pelabuhan ini sepi pake banget. Hanya ada relawan dan tamu undangan pelepasan Kapal saja.

Kami tiba di pelabuhan ini pukul 8.30 WITa setelah melakukan perjalanan dari Makassar pukul 06.15. Kapalnya belun terlihat ketika kami tiba.

Rencananya hari ini (30/5) akan dilayarkan Kapal Ramadhan 2018 Etape pertama dari Garongkong ke Labuhan Bajo Nusa Tenggara Timur. 10.000 paket sembako siap dibagikan di tiga pulau besar di Nusa Tenggara Timur, Labuhan Bajo,o Kalabahi dan Kupang.

Saya sendiri masuk tim Labuhan Bajo dengan titik distribusi ke Desa Ampar Sepang dan Desa Golo Lebo Kabupaten Manggarai Timur. Terus terang saya belum pernah menjejak kaki di Flores sehingga belum mengenal alam dan budayanya. Katanya Indonesia Timur itu sangat indah alamnya dan orangnya ramah ramah. Semoga ini yang akan saya temui.

Tepat pukul 09.30 WITA Kapal mulai bersandar di pelabuhan Garongkong. Artinya mimpi saya bisa berlayar akan segera terwujud lagi.

Nyanyi dulu ah “Nenek Moyangku orang pelaut …..”

Mulai bongkar muat bantuan ke Kapal sekitar pukul 10 lebih, selain itu juga ada acara seremoni pelepasan Kapal di sini.

Plt Gubernur Sulawesi Selatan meninjau persiapan pemberangkat Kapal Ramadhan Secara langsung di Pelabuhan Garongkong. Plt Gubernur berharap program kapal ramadhna ini bisa berlangsung setiap tahun, tidak berhenti di sini saja.

Semoga gerakan kebaikan seperti ini bisa terus bergukir di negeri ini. Tidak bisa hanya pemerintah saja untuk mengerakan kebaiakn ini. Semua elemen mmasyarakat bisa bahu membahu untuk bekerjasama dalam kebaikan.

Bongkar muat bantuan 10.000 paket sembako selesai tepat pukul 17.00 Wita dan ada perubahan jadwal berlayar. Diputuskan pukul 05.00 pagi mulai berlayar menuju Labuhan Bajo. Perkiraan perjalanan selama 26 jam.

Jadi kita akan berbuka puasa di atas kapal ramadhan malam ini. Alhamdulillah semua relawan berbuka dengan menu sederhana, kurma, melon, semangka dan pisang serta tidak ketinggalan air mineral. Alhamdulillah masih diberikan kenikmatan berbuka puasa. Kalau tidak salah liat sih berbuka di Barru pukul 18.03 WITA.

Alhamdulillah bisa merasakan suasana Ramadhan di daerah lain, sehingga memperkaya wawasan serta silaturahim dengan saudara seiman.

Selesai shalat taraweh di Kapal Ramadhan ada sharing session dari Kang Ruli Renata tentang ACT dan MRI inisiator Kapal Ramadhan ini.

Ngopi di Kapal juga ternyata enak banget apalagi ketemu relawan dari berbagai daerah. Jadi lengkap kopi dan cerita relawan. Jangan ada gula di antara kopi.

Ruteng, 4 Juni 2018

Please follow and like us:

2 thoughts on “Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru

  1. Pingback: Layarkan Kapal Ramadhan - My Photo Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes