My Photo Stories

Perjalanan ke Negeri Seribu Sungai

Bila ada kesempatan berkunjung ke Banjarmasin rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi Pasar Terapung Lok Baintan. Pasar terapung ini terletak di kecamatan Sungai Tabuk, para pedagang dan pembeli di pasar ini berasal dari Pamakuan, Sungai Tapang, Lok Baintan dan Sungai Tabuk sendiri.

Perjalanan kali ini untuk ke tiga kalinya ke Lok Baintan ini, namun tidak pernah membosankan untuk melihat pasar terapung ini.  Untuk mencapai pasar terapung ini bisa melalui dua jalan, pertama lewat sungai tabuk dengan menggunakan Klotok atau jalan darat melalui Banjar Baru. Perjalanan ini menggunakan klotok bermula dari Soto Banjar Bang Amat. Yang menarik perjalanan dengan klotok ini kita dapat melihat kehidupan orang Banjar, yang memang sungai menjadi kehidupannya. Kegiatan seperti mandi, cuci pakaian, MCK dilakukan di sungai. Borneo memang negeri 1000 sungai. Sungai menjadi urat nadi masyarakat Banjar.

Klotok seakan menjadi kendaraan wajib bagi masyarakat Banjar, karena transportasi melalui sungai atau air merupakan transportasi utama. Bahkan ada  masyarakat lokal yang membangun rumah di atas sungai. Orang Banjar lebih sering menyebut dengan ” lanting “. Rumah tersebut dibuat menghadap ke sungai. Karena sungai menjadi sangat penting untuk aktivitas bisnis dan ekonomi. Semua aktivitas dilakukan di sungai.

Banjarmasin seakan identik dengan kota seribu sungai, sungai menjadi urat nadi perekonomian disana. Lok baintan bukan merupakan pasar terapung satu-satunya di Banjarmasin, masih ada satu lagi pasar terapung di Muara Kuin. Hampir sama kegaitan di Muara Kuin dan Lok Baintan ini, namun view bagi fotografer Lok Baintan lebih banyak angle yang bisa di ambil.

Indonesia memang sangat beragam budaya, salah satunya yang khas di Kalimantan Selatan yaitu Psar terapung ini, semoga bermanfaat

Jakarta, 11 Maret 2010

Dudi Iskandar

Twitter n Instagram @abusyamil2004
FB dudi.iskandar@gmail.com
http://kangdudi.com
WA 08158301939

Toekangpoto keliling

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes