My Photo Stories

Punthuk Setumbu : Menikmati Sisi Lain Borobudur

Jika senang traveling tentunya Borobudur sudah menjadi prioritas untuk dapat dijelajahi. Borobudur merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia dan itu ada di Indonesia. Jadi tentu sangat di kenal destinasi ini, siapa sih yang ga tau Borobudur.

Sebagai pengiat fotografi saya ingin bisa menikmati Borobudur dengan cara yang berbeda dengan kebanyakan orang. Saya tidak ingin melihat detil patung Budha dan Stupa yang ada di sana. Namun ini menikmati Borobudur secara utuh dari kejauhan. Nah untuk dapat menikmati Borobudur seperti yang saya bayangkan ini ternyata ada beberapa spot untuk bisa melihat matahari terbit dengan latar belakang Borobudur.

Landscape Borobudur secara utuh bisa dinikmati dari sini, karena tidak terlalu jauh kurang lebih 4 km saja. Dengan ketinggian 400 m diatas Borobudur semakin lengkap bisa menikmati sajian landscape Borobudur.

Jika milenial tourism itu mengandalkan kekuatan visual dalam menikmati destinasi wisata. Punthuk Setumbu sangatlah cocok dengan visual indah dan natural dengan latar belakang Borobudur.

Yes …….

Nah hal yang natural seperti ini yang saya suka untuk menikmati satu destinasi wisata. Ini merupakan cara yang berbeda menikmati Borobudur.

Untuk bisa menikmati Sunrise dari Punthuk Setumbu ini perlu perjuangan yang tidak mudah.

Kenapa tidak mudah? Karena perlu trekking menuju spot ini kisaran 15-20 menit, lalu jika hari libur perlu perjuangan untuk mendapatkan spot terbaik. Jadi hadir lebih pagi sangat dianjurkan jika ingin mendapatkan spot terbaik.

Jam menunjukkan pukul 03.10 dini hari, kami sudah bersiap untuk berangkat menuju Setumbu. Walaupun mata masih sepet, kita harus bisa tiba sebelum pukul 05.00 pagi. Dingin menembus kulit saya, namun tidak menghalangi untuk terus melanjutkan menuju Punthuk Setumbu.

Singkat cerita sampai di lokasi sebelum pukul 05.00 jadi masih ada kesempatan untuk melaksanakan sholat subuh terlebih dahulu.

Menunggu momen seperti ini memang sangat mengasyikan, karena melatih kesabaran. Hari ini cuaca cerah sehingga kemungkinan besar matahari terbit akan terlihat indah sesuai dengan harapan saya.

Namun terkadang dalam motret alam bebas harus siap dengan berbagai kemungkinan yang ada dan tidak sesuai dengan harapan. Namun yang pasti akan me dapatkan cerita dari setiap foto yang terekam.

Dalam komunitas foto yang saya ikuti, ada slogan “Sing Penting Silaturahim, mendapat foto bagus itu bonus”. Jadi apapun kejadiannya kita tetap nikmati saja, karena bakal ada cerita dari setiap momen.

Sesampainya di Punthuk Setumbu saya termenung cukup lama, selain kecapean karena nanjak. Juga takjub dengan pemandangan alam yang terhampar indah dihadapan saya. Ini cara lain menikmati Borobudur yang sangat mengagumkan.

Lokasi ini sangat cocok buat anak muda dan pengemar fotografi, karena ada trekking yang lumayan melelahkan buat anak kecil atau orang tua. Namun sebenarnya kelelahan ini akan terbayar dengan keindahan alam Punthuk Setumbu.

Saya sudah ke Punthuk Setumbu, kamu kapan?

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes