My Photo Stories

Superqurban, Manfaat 3 Tahun

Di tengah wabah PMK yang merebak luas di negara kita,  kita akan bertemu dengan Iedul Qurban. Ibadah yang dilakukan dengan menyembelih hewan Qurban. 

Dan tentunya hewan yang akan menjadi hewan qurban harus bebas dari PMK.   Ini merupakan keinginan kita semua,  ibadah sesuai ajaran dan tuntunan Dan saat ini hewan tersebut harus bebas PMK. 

Indonesia pada tahun 1990 dinyatakan bebas PMK, hampir 30 tahun tidak ada PMK ini.  Semoga hewan qurban semua bebas dari PMK. 

CEO Rumah Zakat Nur Efendi mengingatkan masyarakat jangan panik dengan adanya PMK ini,  namun tetap harus waspada dalam memilih hewan Qurban.  Dalam hal ini Rumah Zakat akan antisipasi PMK dengan berbagai upaya pencegahan PMK, hewan Qurban yang ada peternakan binaan Rumah Zakat, upaya itu berupa :

  1. Petugas yang masuk kandang wajib disinfektasi,  memakai boot dan masker. 
  2. Semua barang yang masuk kandang harus disanitasi
  3. Melakukan desinfeksi kandang secara berkala. 
  4. Setiap hewan qurban yang baru masuk kandang,  ditempatkan di kandang karantina selama 14 hari dan dilakukan pengamatan intensif untuk memastikan hewan bebas PMK. 
  5. Jika terdapat  gejla klinis, hewan dipisahkan dan ditangani dokter hewan dan dilaporkan ke dinas peternakan setempat

Itulah beberapa hal yang Rumah Zakat lakukan untuk dapat memastikan hewan qurban yang sehat dan bebas PMK. Dan ini sesuai dengan Fatwa MUI no 32 tahun 2022 tentang Hukum dan Panduan Ibadah Qurban saat wabah PMK.  Sehingga membuat masyarakat menjadi lebih nyaman dalam melaksanakan ibadah Qurban. 

Hari  Rabu (15/6) saya menghadiri Konferensi Press Launching Program Bismillah Qurban di Rumah Zakat, di Al Jazeerah Lounge Jakarta Pusat. 

Selain launching Program juga mengenalkan  Citra Kirana sebagai Duta Qurban Rumah Zakat. Dalam Program Bismisllah Qurban di Rumah Zakat, ada beberapa hal yang menjadi keunggulan pelaksanaan Qurban ini,  salah satunya adalah dengan pengelolaan daging qurban menjadi kornet atau rendang kemasan, dengan nama program Superqurban.

Hal yang menarik perhatian saya adalah dua program Rumah Zakat ini Superqurban dan Desaku Berqurban. 

Dengan program ini diharapkan bisa menjangkau lebih luas lagi masyarakat penerima manfaat daging qurban.  

Adapun rencana distribusi dari program ini diantaranya daerah 3 T,  Daerah rawan pangan,  Daerah bencana,  desa berdaya dan hak pequrban. Dan selain distribusi yang lebih merata ke seluruh pelosok negeri,  juga memberdayakan peternak lokal,  sehingga terserap untuk program ini. 

Target Qurban ini ada 20.000 pequrban dengan 500.000 penerima manfaat di 34 Provinsi dan 8 negara. Tahun ini diharapkan naik dsri tahun 2021

Dengan Super Qurban,  daging yang diproses menjadi kemasan kaleng kornet dan rendanf ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk ketahanan pangan Indonesia,  karena manfaatnya akan lebih panjang sekitar 3 tahun tidak si hari Tasyrik saja.  Ini menjadi salah satu terobosan untuk memperpanjang manfaat qurban. Sehingga bisa lebih merata dan memberdayakan masyarakat setempat. 

Program Desaku Berqurban,  program dimana desa yang minim dengan pequrban,  sehingga masyarakat yang minim pequrban juga bisa merasakan kegembiraan di saat merayakan hari raya Iedul Qnourban.  Sehingga tercipta kolaborasi antara pequrban,  peternak dan masyarakat desa.  Manfaat ini akan lebih terasa manfaatnya oleh semua pihak. 

Selain program diperkenalkan Duta Qurban Rumah Zakat tahun 2022 yaitu Citra Kirana.

Citra Kirana bercerita awal mulai qurban  “Saya mulai qurban ketika sudah mulai kerja”. Dimulai dengan domba,  dan biasanya dilakukan di Cililin karena biar manfaatnya lebih dirasakan oleh masyarakat di Cililin. Manfaat yang dirasakan ketika qurban, semakin berkah harta yang di terima. Seperti terus bertsmbah bukan habis. 

Insya Allah tahun ini saya Bismillah Qurban di Rumah Zakat dengan Super Qurban,  karena manfaat qurbannya lebih panjang dan menjadi solusi pemerataan ketahanan pangan di Indonesia. Pequrban bisa memilih lokasi penyaluran hewan qurban di Rumah Zakat ini. 

Ingin qurban seperti Citra Kirana langsung aja ke website https://www.rumahzakat.org/l/superqurban sangat simpel dan mudah untuk melakukan qurban saat ini. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes