My Photo Stories

Visit Tidore Island – Dari Tidore Untuk Indonesia

Visit Tidore Island

Peta Kepulauan Tidore dan sebuah impian. (photo Kang Dudi)

Berbicara tentang Indonesia tidak akan habis habis, menjajar pulau pulau dari Sabang sampai Merauke. Keindahan alamnya sangat variasi, gunung, laut, hutan, sungai sangat banyak yang bisa dijadikan tempat wisata. Menurut Don Hasman, fotografer yang sudah keliling Dunia dan Lima Benua. Indonesia tetap yang paling eksotik alam dan budayanya. Selain keindahan alam, masih ada juga budaya, sejarahnya yang bisa kita gali.

Rempah rempah dari Bumi Tidore (Photo by Kang Dudi)

Salah satu impian saya bisa menjelajah Indonesia Timur, baik itu alam dan budayanya. Beruntung sekali saya di undang untuk menghadiri acara Visit Tidore Island yang diadakan oleh Ngofa Tidore di Fola Barakati di Leuwinangung. Dari sini jadi lebih mengenal dan dekat dengan Tidore. Banyak sekali informasi yang di dapat, baik itu makanan, adat istiadat dan informasi lainya. Yang menarik sejarah masa lalu Tidore di mata dunia. Hadir juga di acara ini Sultan  Tidore ke 37 H. Husain Sjah bersama Perdana Menteri kesultanan Amin Faroek.

Jauh sebelum Indonesia merdeka, nama Tidore sudah melanglangbuana di luar negeri. Tidore dikenal sebagai penghasil rempah rempah yang terkenal di dunia. Spanyol, Belanda dan bangsa lain datang ke Tidore karena rempah rempah yang sangat berkualitas.

 Moluku Kie Raha, yang terdiri dari Tidore, Ternate, Bacan dan Jailolo pernah mencatat sejarah emas di Dunia. Berdatangan bangsa Eropa dan Timur jauh ke Tidore merupakan pertanda bahwa peradaban Moluku Kie Raha ini di akui dunia. Hal ini yang masih kurang informasi tentang masa emas Tidore di masa lalu. Sejarah ini harus disosialisasikan kepada generasi muda Indonesia, untuk menumbuhkan rasa Nasionalisme yang tinggi. 

“Bangsa yang besar adalah yang menghargai sejarah”

Hal ini harus bisa ditumbuhkan di generasi muda Indonesia, bahwa Tidore sebuah asset potensial yang harus diketahui Generasi Muda Indonesia. Sehingga bisa meningkatkan motivasi dan percaya diri.

Saya juga baru tahu bahwa Kesultanan Tidore ini merupakan Kerajaan Islam. Sangat menyedihkan sekali yah kok baru tahu tentang Kerajaan Islam ini. Namun lebih baik terlambat, daripada tidak tahu sama sekali. Makanya saya pengen menyebarkan luaskan tentang Tidore ini. Semoga langkah kecil ini bisa menjadi sebuah gerakan untuk mengenalkan Tidore.

Abad 16 sampai 18 kejayaan dari kesultanan Tidore ini, bahkan menjadi kerajaan yang paling Independen di masa kepemimpinan Sultan Saifuddin, Tidore berhasil menolak VOC dan menjadi Kerajaan yang merdeka sampai akhir abad 18.

Setelah acara itu, saya jadi lebih mengenal Tidore dan ingin lebih tahu lagi tentang sejarah emas Tidore. Sehingga jadi sering browsing tentang TIDORE. Semoga tulisan ini bisa mengantarkan saya menjelajah negeri Islam yang ada di timur Indonesia. Belajar dari kejayaan kesultanan Tidore, sambil menikmati keindahan alam dan kekayaan kulinernya.

Salah satu pesan Sultan untuk blogger bisa mengisi halaman dengan sesuatu yang bermanfaat dan mengenalkan Tidore dengan segala keindahannya. Sultan melihat potensi yang sangat besar jika Blogger berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Beliau juga terkesan dengan puteri daerah Anita Gathmir yang terus promosikan Tidore melalui media sosial. Pesan sultan Tidore bisa di lihat di sini,  channel youtube Kang Dudi. Sultan sangat mengharapkan peran blogger  untuk mempromosikan Tidore ini.  Sehingga Tidore kembali di kenal di dunia Internasional. 

Sangat banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk mempromosikan Tidore, wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner dan masih banyak yang perlu dibenahi lagi.

Semoga langkah kecil ini akan berdampak besar, Tidore akan lebih di kenal kembali di dunia. Langkah kecil menjadi puzzle yang akan memperkuat Tidore, sehingga menjadi gerakan besar.  Dari Tidore Untuk Indonesia. 

2 thoughts on “Visit Tidore Island – Dari Tidore Untuk Indonesia

  1. Amir Mahmud

    Wah kayaknya wisata wisatanya keren banget ya di sana, secara kan jauh dari kota kota besar yang biasanya menghasilkan limbah pabrik, aliasnya Tidore masih bersih dan alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

rumah murah
easy cookie recipes